DAPATKAN INFO - INFO INFO UNIK, LOWONGAN KERJA, INFO SULAWESI TENGAH.!!

Anda Ingin Berpikir Kritis?

Anda Ingin Berpikir Kritis?Ingin punya ketrampilan berpikir kritis di era lautan informasi? Berkonsentrasilah, karena dengan berkonsentrasi Anda memicu dan memacu ingatan akan segala peristiwa yang berkelabat atau fakta yang berkesinambungan.

Tingkatkanlah ingatan anda dengan berkonsentrasi secara terus menerus. Berpikir kritis berarti mengajukan pertanyaan mengenai seberapa banyak hal yang Anda ketahui dan pahami.

Jika Anda cenderung lupa nama seseorang, maka amati dan camkan nama seseorang ketika bertemu kali pertama. Cara mudahnya, ambil "sesuatu" yang mudah Anda ingat untuk mengingatkan orang itu. Misalnya, Barbara yang mengenakan rok merah, Paijo yang menggunakan sepeda lipat.

Konsentrasi memungkinkan Anda "hadir" dalam informasi itu. Jika seseorang mengatakan bahwa dia kurang dapat berkonsentrasi, itu artinya ia kurang mencamkan informasi secara seksama. Dengan mengonsumsi informasi, Anda menyimpannya dalam ingatan dalam jangka waktu relatif lama.

Buku berjudul "Memory Boosters" yang ditulis Dr Jo Iddon dan Dr Huw Williams menyatakan penyebab seseorang kurang dapat berkonsentrasi salah satunya karena ia kurang memberi perhatian pada kali pertama. Bukankah ada ungkapan populer, cinta pada pandangan pertama.

Tidak jarang seseorang diliputi kesibukan luar biasa. Karena itu, disarankan agar berkonsentrasi kepada hal-hal prioritas saja. Kemampuan mengidentifikasi gagasan-gagasan penting dan mengenali segala rincian, dapat membawa Anda sampai kepada berpikir kritis.

Memotivasi diri terus menerus dapat menjadikan Anda relatif terampil membangkitkan konsentrasi. Berlatihlah untuk berkonsentrasi selama 20 menit, 50 menit, kemudian berilah porsi waktu lebih banyak dari hari ke hari. Diharapkan Anda terlatih dalam memproses informasi secara kritis.

Apa yang harus ditempuh jika seseorang dihadapkan kepada banyak hal? Kenalilah bahwa Anda sedang berhadapan dengan gejala "perhatian terpecah". Bersegeralah memilah-milah perhatian agar Anda dapat menemukan hal-hal penting, dan menghalau hal-hal kurang penting.

Berilah prioritas jika perhatian Anda terpecah. Fokus, fokus, dan fokus.

Memang banyak orang mampu melakukan banyak pekerjaan. Namun, jauh lebih mudah jika Anda memilah dan menyelesaikan tugas yang relatif mudah. Bukankah ada ujaran, selesaikan dulu tugas yang mudah lebih dulu, sebelum beranjak ke tugas-tugas yang lebih sulit.

Menurut Hiddon dan Williams, berpikir kritis berarti mengintegrasikan fakta dengan makna. Manusia dikenal sebagai ciptaan yang dapat merangkai dan memaknai segala peristiwa dengan menggunakan akal budinya. Memaknai peristiwa berarti menghubungkannya dengan hal-hal yang sudah akrab dalam hidup keseharian.

Caranya? Pilahlah dalam kategori-kategori. Akan lebih mudah dilakukan jika Anda memahami dan mengintegrasikan informasi-informasi baru dengan berkonsentrasi tiada henti.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasi Untuk Teman-teman Yang uda Kunjungi blog aku,Maaf blognya Sederhana..Salam Kenala Yah All.!!